A Sense of Contribution di SMA 11 Purworejo

Apr 10, 2012 by

A Sense of Contribution di SMA 11 Purworejo

A Sense of Contribution di SMA 11 Purworejo

A. Contribution of Ideas
Bentuk keterlibatan semua warga sekolah di SMA 11 dikembangkan dengan contribution of ideas. Sumbangan ide, gagasan atau pendapat. Setiap warga sekolah mempunyai hak dan kewajiban memberikan ide, gagasan atau pendapatnya baik lisan, tertulis maupun langsung tak langsung.
Pelaksanaan kebijakan sekolah MPMBS yang salah satu kriterianya bahwa sekoalh diberi kekuasaan sebagai pengambil keputusan disekolah itu sendiri, sangat tergantung pada dukungan dan peran serta setiap warganya untuk menyumbangkan ide/gagasan dan pendapatnya.

B. Contribution of Time
Kecenderungan guru guru SMA adalah bertanggung jawab penuh dan berada di sekolah hanya pada saat mengajar di kelas, setelah mengajar beban dan tanggung jawab mereka seolah lepas dan selesai. Guru biasanya menggunakan waktu selain mngajar untuk kepentingan pribadi seperti belanja, pulang ke rumah atau mengerjakan sesuatu di luar sekolah untuk mencari tambahan penghasilan.
Pelaksanaan Sense of Contribution di SMA 11 yang ke dua adalah contribution of time, atau sumbangan waktu. Di setiap koordinasi dengan guru kepala sekolah menekankan pentingnya contribution of time. Waktu idsekolah seharusnya dimanfaatkan semaksimal mingkin untuk bekerja mengembangkan sekolah. Kalimat kunci contribution of time di SMA 11 Purworejo adalah :
SMA 11 Purworejo tidak akan pernah berkembang
Kalau semua guru bermental : habis mengajar, pulang.
C. Contribution of material
Sebagai sekolah baru dengan fasilitas terbatas, sumbangan materiil dan tenaga sangat dibutuhkan di sekolah. Ketrebatasan membuat setiap warga sekolah benar benar melaksanakan sense of contribution. Keterlibatan memaksa mendorong guru dan siswa serta komite untuk bersama sama memeberikan materiil dan tenaga ke sekolah.

D. Contribution of care and concern
Yang tidak kalah pentingnya dalam sense of contribution adalah contribution of care and concern, memberi kepedulian dan perhatian. Setiap stake holder sekolah harusnya memberi perhatian dan kepedulian terhadap setiap kegiatan di sekolah. Program sekolah tidak akan bias berjalan optimal apabila di sekolah tercipta keegoisan kelompok atau perorangan. Kerja sama dan saling memperhatikan merupakan kunci suksesnya program sekolah. Saling membantu, memberikan perhatian, ikut terlibat dan ikut mendukung merupakan bukti sense of contribution di SMA 11 Purworejo

Related posts:

Related Posts

Tags

Share This

2 Comments

  1. siiiiipppp…

  2. achmad rosyidin mekaatangn:Jika aku tak memberi maafBukan karena aku tak mau memberi maafTetapi engkau tak punya salahMaaf apa yang harus kuberikan?Jika aku memberi maafBukan karena engkau meminta maafTetapi karena sepenuh maaf aku berikanSetulus hati, seikhlas niatkuMeski tanpa kau mintaJika aku meminta maafBukan karena hari ini LebaranTetapi karena Ridho Allah SWTYang telah membukakan pintu kejujuran hati nuraniUntuk mengakui segala khilaf dan alpaDengan segenap cemas dan sesalAku memohon maafAchmad Rosyidin beserta keluarga & Jalu Rizky Kurniawan beserta keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>