Alih Golongan Gudep SMA N 11 Purworejo 2021

Berita Sekolah Kegiatan Siswa

Pramuka adalah organisai yang melaksanakan Pendidikan yang bersifat formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Gerakan Pramuka sebagai wadah pengembangan ilmu, keterampilan sikap dan moralitas generasi muda yang dapat mendorong lahirnya generasi penerus bangsa yang kreatif, inovatif, dan tangguh, yang berlandasan pada ketakwaan kepada Tuhan Yang Masa Esa.
Pramuka memiliki 3 hal dasar yang harus dilakukan yaitu bina diri,bina satuan, dan bina masyarakat, karena itulah pramuka selalu mengambil peran aktif untuk membantu masyarakat,termasuk selama masa pandemic. Kegiatan yang dilakukan pramuka adalah berusaha membantu dalam memutuskan rantai penyebaran covid-19, contohnya memperketat protokol kesehatan saat berlangsungnya kegiatan.


Kemudian gudep SMA Negeri 11 Purworejo melakukan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan di dalam keluarga ambalannya yaitu kegiatan alih golongan dari penggalang ke penegak atau G ke T. Alih golongan di SMA Negeri 11 Purworejo merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan karena ini merupakan Langkah awal dari kegiatan pramuka agar kegiatan pramuka selanjutnya bisa terlaksana.
Setiap siswa baru yang masuk kelas X di SMAN 11 Purworejo berarti wajib melaksanakan prosesi alih golongan dari Penggalang ke Penegak. Di SMAN 11 Purworejo tahun ini (2021/2022) kegiatan ini dilaksanakan 3 hari 2 malam dengan 2 sift. Sift 1 untuk kelas IPS pada tanggal 1-2 Desember, dan sift 3 untuk kelas MIPA pada tanggal 2-3 Desember. Perkemahan tersebut merupakan kegiatan yang sangat berarti bagi para pesertanya, karena hanya dengan mengikuti perkemahan itulah para siswa yang baru saja menjadi siswa baru di SMAN 11 Purworejo dapat diterima menjadi anggota pramuka penegak Ambalan Soekarno dan Fatmawati Gudep 11.06.10.085/086 SMAN 11 Purworejo.


Peserta kemah alih golongan ini diikuti seluruh siswa kelas X, Dimana keseluruhannya terbagi menjadi 28 Sangga. Selain dihadiri oleh Kepala Sekolah, dan para pembina, perkemahan ini juga dihadiri oleh senior dan alumni Dewan Ambalan SMAN 11 Purworejo
kegiatan-kegiatan yang kami adakan dalam perkemahan ini juga banyak kegiatan perlombaan yang bertujuan untuk mengasah ketrampilan para peserta perkemahan dalam berbagai bidang, antara lain pionering tenda, pionering meja makan, estafet air, voly air, tangan seribu, dan yel-yel yang dapat mengasah kecepatan, ketepatan, kekuatan, dan kerjasama. Kegiatan perlombaan tersebut sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa kebersamaan para peserta perkemahan, karena dalam kegiatan tersebut dituntut kerjasama yang solid antar anggota kelompok.


Demikian serangkaian kegiatan alih golongan dari Pramuka Penggalang menjadi Pramuka Penegak Masa Bakti 2021/2022 yang dilakukan oleh pramuka gudep SMA Negeri 11 Purworejo saat pandemic. Semoga artikel ini bisa menjadi inovasi terbaru Gerakan pramuka yang menjadikan pramuka di tengah masa pandemic ini bisa tetap dilaksanakan dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.