Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021 di SMA N 11 Purworejo

Berita Sekolah

Senin, 27 September sampai Selasa, 28 September 2021 SMA N 11 Purworejo melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara semi online.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Pusmenjar,2021).

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran (Pusmenjar, 2021)

Teguh Rahayu Slamet, S.Pd., M.Pd. kepala sekolah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan ANBK tahun ini di SMA N 11 Purworejo diikuti oleh 50 peserta yang telah ditentukan oleh Dapodik. Peserta terdiri dari kelas XI sejumlah 45 Peserta utama dan 5 peserta cadangan yang terjadwal di sesi satu pukul 07.30 s.d 09.30 WIB, semua peserta mengikuti Asesmen dalam 2 hari. Di hari pertama peserta mengerjakan soal Literasi dan Survei Lingkungan Belajar dan pada hari kedua mengerjakan soal Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar.

Ada dua ruangan lab komputer yang digunakan dengan fasilitas masing-masing ruang 30 komputer, dilengkapi server ruangan dan jaringan internet yang mencukupi dan mendukung sehingga asesmen berjalan lancar selama dua hari

Dalam pelaksanaan asesmen dalam masa pandemi ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum pelaksanaan Orang tua siswa diminta mengisi surat pernyataan kesediaan untuk mengijinkan anak mengikuti ANBK jika dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala sakit. Sebelum peserta masuk ke lingkungan sekolah petugas mengecek suhu badan, lalu mengarahkan siswa untuk mencuci tangan dengan sabun. Sebelum masuk ke ruangan siswa mengisi daftar hadir, menggunakan hand sanitizer dan memasuki ruangan. Seluruh peserta, Proktor, dan Pengawas ruang dari sekolah lain wajib menggunakan masker.

Tim teknis pada pelaksanaan ANBK tahun ini sebagai Penanggung jawab adalah Kepala Sekolah, Ketua panitia: Esti Handayani, S.Pd selaku WKS Kurikulum beranggotakan panitia inti dan diperkuat oleh 3 Teknisi dan 3 Proktor ruangan serta Teknisi jaringan internet dari tim IT SMA N 11 Purworejo yang bekerja sama dalam menyukseskan ANBK tahun ini

Dengan melakasanakan ANBK ini diharapkan hasilnya dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya di Jawa Tengah dan di SMA N 11 Purworejo .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *