Rangkaian Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2021/2022 di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Sekolah Kegiatan Siswa

Dewan Ambalan Soekarno Fatmawati, Gugus Depan XI.06.10.085/086 SMA Negeri 11 Purworejo kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan karakter yang dibingkai dalam kegiatan kepramukaan. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara, Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2021/2022 dan Serah Terima Jabatan Dewan Ambalan pada Rabu, 29 September 2021 pukul 08.00 WIB – selesai.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyaring para kader terbaik dari seluruh siswa SMA Negeri 11 Purworejo serta untuk melanjutkan tugas pokok Dewan Ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak Bantara. Untuk mengikuti kegiatan pelantikan penegak Bantara, calon penegak Bantara sebelumnya sudah menyelesaikan  tugas-tugas yang ada didalam syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara. Bila dinyatakan lulus serta memenuhi syarat minimal atas kecakapan-kecakapan tersebut setelah mengikuti tes atau pengujian, kemudian dapat dilantik menjadi Tegak Bantara.

Upacara Pelantikan Bantara, Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2021/2022 dan Serah Terima Jabatan Dewan Ambalan dilaksanakan dalam format upacara resmi di GOR SMA Negeri 11 Purworejo. Karena sedang dalam pandemi covid 19, upacara ini dilaksanakan melalui live Instagram Dewan Ambalan SMA Negeri 11 Purworejo. Jumlah orang yang hadir dibatasi dengan 10 pembina pramuka, 29 Dewan Ambalan, dan 31 Perwakilan peserta Bantara dan sekaligus calon Dewan Ambalan. Sisanya melaksanakan pelantikan bantara dengan aplikasi Instagram. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan juga pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki  lingkungan sekolah

Setelah melaksanakan pelantikan penegak Bantara dalam kesempatan ini juga dilakukan prosesi Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2021/2022 dan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Dewan Ambalan. Dewan Ambalan adalah suatu wadah pembinaan kepemimpinan yang terdiri dari para pramuka penegak yang sudah dilantik dan bertugas untuk merencanakan, mengelola, dan menggerakkan kegiatan di ambalan yang bersangkutan dengan bimbingan pembinanya. Pembentukan Dewan Ambalan mempunyai tujuan untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakkan serta pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk mencapai suatu tujuan. Anggota Dewan Ambalan yang dilantik sebanyak 31 orang terdiri dari 11 orang putra dan Putri 20 orang yang dilantik oleh Kamabigus SMA Negeri 11 Purworejo, Teguh Rahayu Slamet,S.Pd.,M.pd.

Sesudah melakukan upacara pelantikan Bantara dan Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2021/2022 serta Serah Terima Jabatan seluruh anggota melakukan sesi foto bersama. Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan lancar tidak terdapat kedala dalam melakukan kegiatan ini. Meskipun tidak semua hadir dalam kegiatan tersebut,namun kesakralan dan kehangatan acara dapat dirasakan oleh seluruh peserta baik yang ada di SMA Negeri 11 Purworejo maupun yang mengikuti secara virtual. Pembina juga memberikan harapan untuk kepramukaan SMA Negeri 11 Purworejo, agar para kader yang terpilih dalam pelantikan Bantara dan pelantikan Dewan Ambalan mampu menyongsong kepramukaan SMA Negeri 11 Purworejo menjadi lebih baik lagi, menciptakan karakter sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma, tidak hanya pandai tetapi juga memiliki sikap dan etika sopan santun yang baik terhadap sesama baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *