Peringatan Bulan Bahasa & Sastra 2022

Agenda Sekolah

Butuh, 28 Oktober 2022 – Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra, selain itu di bulan Oktober juga diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yaitu pada tanggal 28 Oktober. Di SMA Negeri 11 Purworejo, kedua peringatan ini dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu dan puncak kegiatannya diadakan di tanggal 28 Oktober 2022. Tahun 2022 ini, peringatan Bulan Bahasa dan Sastra mengangkat tema

“Bangkit Bersama”

Selanjutnya pada kegiatan peringatan bulan bahasa dan sastra di SMA Negeri 11 Purworejo tema tersebut dikembangkan menjadi

“Bangkit Bersama, Hebat Semua, Pasti Bisa!”.


Berbagai kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 11 Purworejo sebagai bentuk peringatan Bulan Bahasa dan Sastra serta Sumpah Pemuda. Berbagai lomba diadakan pada peringatan ini, lomba tersebut yaitu :

  • Yel-yel,
  • Musikalisasi puisi,
  • Stand up comedy,
  • Mendongeng,
  • Pembacaan Undang-undang Dasar 1945
  • Pembacaan naskah sumpah pemuda.
  • Cipta cerpen,
  • Cipta puisi,
  • Mendesain poster, Twibbon, dan Pembuatan video profil pahlawan.

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh seluruh siswa di SMA Negeri 11 Purworejo dari kelas X hingga kelas XII. Lomba tersebut diadakan dengan tujuan untuk memeriahkan peringatan bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022 juga sebagai bentuk peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022. Dalam kegiatan ini siswa sangat antusias mengikuti serangkaian perlombaan yang diadakan. Di tanggal 28 Oktober 2022 dilaksanakan malam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra di SMA Negeri 11 Purworejo.

Kegiatan malam puncak tersebut diawali dengan pembukaan oleh Kepala SMA Negeri 11 Purworejo, Sukami, S.Pd. dengan ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi kelas yang mendapatkan juara 1, 2, dan 3 dalam kegiatan perlombaan yang diadakan.

Dalam kegiatan malam puncak ini tidak lepas dari peran serta alumni di dalamnya. peran serta alumni ditunjukkan dengan memberikan hadiah bagi kelas yang mendapat juara 3.

Setelah Ishoma pada pukul 13.00 WIB, dimulailah acara Angkringan Literasi. Kegiatan angkringan literasi ini diawali dengan pemberian materi oleh narasumber pertama yaitu :

Dr. Junaedi Setiyono, M.Pd. yang menyampaikan tentang

“Pergulatan Batin Anak Muda dalam Novel Tembang dan Terang”.

Beliau adalah dosen di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Beliau juga seorang penulis novel dan beberapa novel yang sudah diterbitkan antara lain Glonggong, Arumdalu, Dasamuka, serta Tembang dan Perang.

Setelah pemateri pertama selesai menyampaikan materinya, dilanjutkan dengan kegiatan Pengukuhan Ikatan Alumni yang dikukuhkan oleh Kepala SMA Negeri 11 Purworejo Ibu Sukami, S.Pd. Pengukuhan ikatan alumni ini juga disertai penerbitan nama alumni SMAN 11 Purworejo, yaitu Nayaka Padma. Diharapkan alumni SMA Negeri 11 Purworejo dapat terus memberikan kontribusinya kepada SMA Negeri 11 Purworejo meskipun mereka sudah menjadi alumni.

Setelahnya, dilanjutkan oleh narasumber yang kedua yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 8, Dr. Nikmah Nurabity, M.Pd.BI. Beliau menyampaikan tentang

“Eksplorasi Diri melalui Bahasa Menuju Pribadi Berkualitas”.

Beberapa poin yang disampaikan beliau yaitu tentang pembentukan karakter dan menjadikan diri lebih berkualitas melalui pendidikan. Ibu Nikmah juga menyampaiakn ulasan Beliau terkait kegiatan ini di media sosial beliau berikut :

Klik Disni untuk melihat Ulasan


Narasumber ketiga yaitu Ibu Sariati Wijaya. Beliau adalah seorang wartawan di koran BERNAS. Ibu Sariati Wijaya menyampaikan materi dengan tema

“Belajar Jurnalistik itu Asyik”.

Di sini beliau menyampaikan bagaimana gambaran menjadi seorang wartawan. Beliau juga menuliskan kegiatan Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra SMAN 11 Purworejo di koran BERNAS tersebut. Berikut link tulisan beliau :

Klik disini unuk melihat Berita

Kegiatan Malam Puncak ini dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 11 Purworejo dan juga siswa perwakilan dari setiap kelas dan setiap ekstrakurikuler, serta dari OSIS MPK. Selain itu juga mengundang perwakilan dari beberapa SMP yang ada di sekitar SMAN 11 Purworejo. Kegiatan Angkringan Literasi ini berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.


Kegiatan Angkringan Literasi di SMA Negeri 11 Purworejo baru pertama kali diadakan pada tahun ini dan kegiatan tersebut berjalan dengan sangat baik dan lancar. Diharapkan kegiatan Angkringan Literasi tahun ini menjadi patokan untuk diadakannya kegiatan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra untuk tahun selanjutnya. Semoga kegiatan-kegiatan yang akan diadakan di SMA Negeri 11 Purworejo semakin banyak memberikan manfaat dan dapat terus berjalan serta berkembang dengan lebih baik. (Tim Komsos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *